Sistem Pendaftaran Antrean Online
Badan Koordinasi Penanaman Modal

Prosedur Konsultasi Tatap Muka BKPM
  • Melakukan pendaftaran online dengan menggunakan akun OSS individu yang akan hadir untuk konsultasi tatap muka ke OSS BKPM.

    Contoh:
    Bapak Eko adalah karyawan PT X, akun pendaftaran menggunakan akun pribadi Bapak Eko . Namun untuk mengakses akun OSS PT X, Bapak Eko perlu login dengan menggunakan user id dan password penanggung jawab PT X sebagaimana tertera di akta terakhir. Apabila Bapak Eko melakukan pendaftaran online menggunakan akun penanggung jawab perusahaan, Bapak Eko wajib membawa bukti surat tugas/id card/surat keterangan kerja/surat kuasa apabila diberikan kuasa untuk berkonsultasi terkait perusahaan tersebut.
  • Datang sesuai jadwal pengambilan nomor antrian, sebagai berikut:
    • OSS A (07.30 s.d. 09.00): Nomor 1 – 30
    • OSS B (09.00 s.d. 10.00): Nomor 31 – 60
    • OSS C (10.00 s.d. 11.00): Nomor 61 – 90
    • OSS D (11.00 s.d. 12.00): Nomor 91 – 100
  • Alur konsultasi OSS di BKPM:
    • Selama berada di lingkungan BKPM, pelaku usaha wajib menggunakan masker.
    • Pelaku usaha datang dari arah gedung parkir BKPM.
    • Pelaku usaha dipersilakan untuk mengambil nomor antrean sesuai dengan jadwal pengambilan yang didapat.
    • Petugas Keamanan wajib melakukan screening terhadap pelaku usaha yang telah mendapatkan nomor antrean, terdiri atas:
      • Memeriksa suhu tubuh pelaku usaha, maksimal 37,5o C.
      • Mengarahkan pelaku usaha untuk mencuci tangan.
      • Mengarahkan pelaku usaha untuk masuk ke bilik disinfektan.
    • Petugas keamanan memberikan tanda bagi pelaku usaha yang telah melakukan tahapan screening di atas.
    • Setelah itu pelaku usaha dapat duduk di ruang tunggu yang telah disediakan.
    • Pelaku usaha menunggu panggilan konsultasi sesuai nomor urut yang dimiliki.
    • Pelaku usaha wajib mengikuti petunjuk arah (in/out sign), baik memasuki atau keluar dari ruang konsultasi.
    • Hanya 1 (satu) pelaku usaha yang dapat berkonsoltasi untuk setiap nomor antrean.
    • Petugas front office (FO) akan memanggil pelaku usaha sebanyak 3 (tiga) kali dalam rentang waktu 5 (lima) menit.
    • Petugas FO berhak menolak melayani pelaku usaha yang tidak hadir setelah dipanggil sebanyak 3 (tiga) kali dalam rentang waktu 5 (lima) menit.
    • Konsultasi berlangsung selama 20 (dua puluh) menit dan tidak menyimpang dari pertanyaan yang telah disampaikan pada sistem antrean.
    • Untuk konsultasi terkait prosedur OSS, mohon untuk:
      • Membawa laptop atau gadget pribadi yang dapat digunakan untuk membuka akses OSS.
      • Sekiranya sudah terdaftar di OSS, mohon untuk menyiapkan user id dan password OSS.
      • Pastikan user id dan password yang digunakan benar dan dapat digunakan untuk login ke akun OSS.
  • Sistem kuota antrean akan memblokir akun OSS pengguna layanan konsultasi yang tidak datang konsultasi pada tanggal yang sudah dipilih sebanyak 3 kali dalam bulan yang sama. Pemblokiran akun sebagaimana dimaksud dilakukan selama 30 hari. Contoh: Eko tidak datang konsultasi pada tanggal 16, 17, dan 19 Desember 2019. Terhitung mulai tanggal 20 Desember 2019, akun OSS pribadi milik Budi akan diblokir selama 30 hari dan tidak dapat digunakan untuk pengambilan kuota antrean secara online.


Submit